ESSAY KARAKTERISTIK BANGSA



Bangsa Indonesia adalah bangsa yang telah dianugerahi kekayaan yang luar biasa oleh Allah SWT. baik itu kekayaan sumber daya alam, kekayaan adat dan budaya, ras, agama, dan masih banyak lagi. Maka dari itu  kita sebagai manusia haruslah bersyukur atas apa yang telah dianugerahi olleh Allah SWT.
Masyarakat Indonesia pada awalnya belum menyadari sepenuhnya akan adanya kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia itu sendiri, maka dari itu bangsa lain yang melihat lebih dalam akan adanya kekayaan yang sangat melimpah di Indonesia langsung melakukan segala cara agar dapat memiliki kekayaan tersebut. Maka dari itu, terjadilah penjajahan di Indonesia. Setelah sekian lama bangsa Indonesia harus berjuang untuk melewan penjajahan yang semakin merajalela terjadi di Negeri ini, kunci utama bangsa Indonesia meraih kebebasan adalah dengan mempererat persatuan. Persatuan menjadi kekayaan baru di Indonesia. Persatuan menjadi tombak untuk melawan ketidakadilan yang terjadi di Tanah air ini.
Tidak cukup hanya dengan persatuan saja agar bangsa Indonesia bisa hidup bahagia sesuai dengan cita-cita awal bangsa, namun diperlukan pula sebuah pedoman atau peta hidup agar bangsa Indonesia bisa menggapai cita-cita tersebut. Tanpa adanya pedoman, bangsa ini pasti akan tersesat dalam mencapai cita-cita. Maka terbentuklah Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia. Pancasila tidak saja berfungsi sebagai pedoman, namun juga sebagai karakteristik bangsa yang mampu membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Para pahlawan dan masyarakat Indonesia di zaman reformasi berjuang sampai titik darah penghabisan untuk  merumuskan Pancasila.
Maka dari itu, dulu masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, dulu masyarakat Indonesia selalu menghargai nilai-nilai Pancasila, dulu masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi rasa persatuan , rasa kebersamaan, dan rasa saling menghormati serta saling tolong menolong satu dengan yang lainnya. Namun, kemanakah karakteristik bangsa Indonesia yang dulu sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat? Rasanya karakteristik dari bumi pertiwi semakin lama semakin memudar. Masyarakat lebih memperdulikan kepentingan pribadi daripada kepentingan bersama, masyarakat mendahulukan sikap individualis dari pada sikap persatuan, masyarakat lebih memikirkan bagaimana memperkaya diri daripada memperkaya bangsa ini, masyarakat lebih bangga berasal dari lulusan luar negeri daripada lulusan dalam negeri, kini masyarakat Indonesia telah diperbudak oleh perkembangan teknologi yang seharusnya dapat membantu untuk menggapai cita-cita namun disalah artikan.
Sebagai manusia yang baik, hendaklah kita bersyukur atas apa yang telah dianugerahkan yang maha Esa, kita patut bersyukur karena kita tidak perlu bertarung sampai titik darah penghabisan untuk mendapatkan sebuah pedoman atau tatanan hidup, yaitu PANCASILA. Kita hanya tinggal melanjutkan dan mengamalkan isi yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila. Mulailah sama-sama kita mengamalkan isi nilai-nilai Pancasila dari hal yang terkecil dan yang termudah. Agar cita-cita bangsa ini dapat tercapai menuju kehidupan yang tentram.

0 komentar:

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates